Mengobati itu dengan cara yang benar

Jerawat adalah salah satu penyakit yang paling memalukan dan menjengkelkan yang bisa dilakukan seseorang. Sebagian besar dari kita di beberapa tahap kehidupan terutama pada masa remaja telah berjuang melawannya. Jerawat terjadi baik di wajah dan di bagian tubuh lainnya – di dada, punggung, lengan atas dan kaki.

Sementara jerawat moderat mudah diobati, jerawat yang parah membutuhkan waktu dan usaha untuk membersihkan dan mungkin meninggalkan noda tidak hanya pada kulit tapi juga pada jiwa seseorang. Beruntung saat ini semua jenis jerawat bisa diobati jika seseorang sabar dan gigih. Langkah pertama perawatan jerawat tubuh adalah pemahaman yang baik tentang penyakit.

Apa itu jerawat

Jerawat yang biasa disebut jerawat adalah erupsi kulit yang terjadi akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak dan sel-sel mati. Jerawat wajah adalah kondisi yang sangat umum dihadapi oleh orang terutama remaja. Tubuh berjerawat atau berjerawat pada bagian tubuh lainnya sama-sama umum tapi kurang dibahas. Orang yang menderita jerawat tubuh lebih cenderung juga menderita jerawat wajah.

Apa yang menyebabkan wabah jerawat?

Jerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif atau kelenjar pengatur minyak yang ditemukan di seluruh tubuh kecuali di telapak tangan dan telapak kaki. Kelenjar ini mengeluarkan banyak minyak yang bercampur dengan keringat dan kulit mati yang menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri. Komedo, whiteheads, pustula dan kista semuanya disebabkan karena hal ini. Faktor berikut meski tidak secara langsung menyebabkan jerawat bisa berperan dalam memperparahnya.

Kesehatan yang buruk:

Kurangnya pembersihan kulit secara teratur menyebabkan akumulasi keringat dan sel-sel mati yang berbaur dengan minyak dan menghalangi pori-pori kulit. Bakteri juga berkembang dan jerawat terjadi. Perawatan jerawat tubuh lebih tangguh daripada perawatan jerawat wajah karena pori-pori tubuh lebih besar.

Meski kebersihannya buruk bukan penyebab langsung jerawat itu adalah faktor yang membuatnya semakin parah. Jika Anda ingin berolahraga sering pastikan untuk mandi dan tetap bersih setelah berkeringat.

Menekankan:

Stres adalah salah satu penyebab jerawat yang terbukti. Tekanan sehari-hari terkadang menjadi kronis yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Kelenjar adrenal kita melepaskan lebih banyak kortisol yang pada gilirannya membuat kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak. Stres juga mengurangi kekebalan tubuh sehingga membuat perawatan jerawat tubuh sangat sulit karena noda tidak sembuh dengan cepat.

Baca juga: cara menghilangkan jerawat

Regimen olahraga teratur dan pola tidur yang sehat adalah cara yang sangat mudah untuk mengurangi stres. Kondisi tubuh lain yang mengganggu siklus hormon normal seperti kehamilan dimana kelebihan hormon progesteron dilepaskan juga menyebabkan jerawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s